Jumat, 30 Maret 2012

Penutup Pintu Hidayah: Koran dan Majalah

Syaikh Shalih bin Muqbil al-Ushaimi dalam bukunya Mu’awiqatul Hidayah menyebutkan 29 sebab tertutupnya pintu hidayah, pada point 26 beliau menyebutkan salah satu yang menutup pintu hidayah adalah Kecintaan Kepada Koran dan Majalah, berikut kami salinkan kepada kita:

26. KECINTAAN KEPADA KORAN DAN MAJALAH
Sebagian orang ada yang diuji dengan kecintaan kepada koran dan majalah,[1] sehingga menjadi penghalang baginya melakukan kebaikan.
Bila ia berfikir menghafal al-Qur’an atau membaca kitab, ia tidak memiliki waktu. Kecintaannya membaca koran dan majalah menyita semua waktunya untuk membaca yang lebih bermanfaat. Bahkan hingga ada yang kuat membaca tiga ratus halaman majalah dan koran setiap harinya, tetapi tidak mampu membaca satu ayat saja dari al-Qur’an, apatahlagi membaca kitab atau risalah kecil.
Solusi bagi ortang yang kecanduan membaca majalah dan korang adalah hendaknya ia sadar dan memohon pertolongan kepada Allah, lalu mengganti sesuatu yang buruk dengan yang baik. Yakni dengan membiasakan membaca al-Qur’anul Karim, juga kitab-kitab yang bermanfaat baginya di dunia dan akhirat, yang membukakan hatinya, serta yang menyebabkan bahagia dan sukacita.[]

Disalin dari 29 Sebab Tertutupnya Pintu Hidayah, Shalih bin Muqbil al-Ushaimi, hal.90-91. Terbitan Darul Falah.


[1] Masuk dalam hal ini seperti Novel, Komik dan sejenisnya. Ibnu Majjah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar