Selasa, 15 November 2011

Beristigfarlah 100 Kali Dalam Sehari

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ:قَالَ رَسُو لُ اللهِ صلي الله عليه وسلم : يَااَيُّهَا النَّسُ، تُوبُواإِلَيْ اللهِ. فَإِنِّيْ اَتُوبُ فِيْ الْيَومِ إِلَيْهِ مِانَةً مَرَّةٍ
Dari Ibnu 'Umar ia berkata: "Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda: 'Wahai manusia, bertaubatlah kalian kepada Allah, sesungguhnya aku bertaubat dalam sehari seratus kali.'" HR. Muslim no. 2702 (42).

Dalam riwayat lain dari Agharr al-Muzani, Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِيْ وَإِنِّيْ لأَسْتَغْفِرُ اللهَ فِي الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ
Sesungguhnya hatiku lupa padahal sesungguhnya aku istigfar (minta ampun) kepada Allah dalam sehari seratus kali." (HR. Muslim no. 2702 (41))

Nabi صلي الله عليه وسلم bersabda: "Barangsiapa yang mengucapkan:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
‘Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Mahaagung, Yang tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) kecuali Dia, Yang Mahahidup lagi Mahaberdiri sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.’
Maka Allah akan mengampuni dosanya meskipun ia pernah lari dari medan perang." (HR. Abu Dawud no. 1517, at-Tirmidzi no. 3577 dan al-Hakim I/511. Lihat Shahiih at-Tirmidzi III/282)

Ayat yang menganjurkan istighfar dan taubat di antaranya: QS. Huud: 3, QS. An-Nuur: 31, QS. At-Tahriim: 8 dan lain-lain. 


Disalin dari Dzikir PAGI PETANG dan sesudah Shalat Fardhu Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah yang Shahih oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar