Selasa, 06 Maret 2018

Penyebab White Screen pada WordPress

Setiap pemilik blog WordPress bisa jadi pernah mengalami permasalahan white screen setidaknya satu kali selama memiliki blog. Jika saat ini Anda mengalaminya dan ingin melakukan perbaikan agar fungsinya normal kembali seperti semula, tutorial ini dapat membantu Anda.


Di sini kami akan membahas beberapa cara untuk memperbaiki white screen pada WordPress.


Penyebab White Screen pada WordPress




Error white screen pada WordPress menyebabkan sebagian (terkadang malah semua) dari website Anda tidak dapat diakses. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.


Memory limit.


Template yang tidak kompatibel dengan plugin.


Struktur kode plugin atau template yang buruk sehingga mengalami kerusakan ketika Anda melakukan upldate WordPress.


Masalah pada server hosting.


Apapun penyebab error-nya, segala permasalahan sebenarnya dapat diperbaiki dengan mudah.


Apa yang Anda Butuhkan?


Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan dua hal berikut ini:



Akses menggunakan FileZilla ke control panel atau akun FTP.


Memperbaiki White Screen Pada WordPress


Memperbaiki white screen pada WordPress awalnya memang terkesan sulit. Padahal, sebenarnya Anda dapat memperbaikinya dengan cara sederhana. Di bawah ini kami memiliki beberapa langkah yang perlu Anda coba.


Pilihan 1: Naikkan Limit Memory WordPress


Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, pengaturan batasan memori pada WordPress dapat menjadi penyebab utama error tersebut. Untuk memperbaikinya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:


1. Buka FTP client dan hubungkan ke server.


2. Silakan masuk ke dalam folder public_html kemudian pilih file wp-config.php.


3. Klik kanan pada file tersebut dan klik View/Edit.




4. File tersebut akan terbuka di default text editor pada komputer Anda. Silakan tambahkan baris kode berikut ke dalam tag PHP.


define(‘WP_MEMORY_LIMIT’,’64m’);

5. Silakan simpan kemudian tutup, maka FTP klien akan mengupload perubahan pada file ke server.


6. Silakan cek kembali website Anda apakah error masih muncul atau tidak.


Hal ini juga dapat disebabkan pada setingan memory limit PHP dari sisi server hosting yang Anda gunakan. Untuk mengeceknya dapat mengikuti tutorial berikut ini.


Jika error masih muncul bahkan setelah Anda meningkatkan memory limit, silakan coba pilihan langkah berikutnya.


Pilihan 2: Cek Plugin yang Bermasalah


Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah cek plugin. Anda dapat mengecek plugin yang bermasalah dengan menonaktifkannya satu per satu. Apabila error tidak muncul setelah Anda menonaktifkan semua plugin, tentu Anda dapat dengan mudah menarik kesimpulan: permasalahan terletak pada plugin.


Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.


1. Login ke server FTP dan buka folder public_html.


2. Silakan buka folder wp-content.


3. Pilih folder plugins kemudian ubah nama folder-nya, misalnya menjadi plugins-disabled. Hal ini adalah cara menonaktifkan plugin agar WordPress tidak dapat menjalankannya.




5. Cek kembali website Anda dengan cara mengaksesnya melalui browser. Lihat apakah website Anda sudah dapat diakses atau belum. Jika website Anda dapat diakses dengan baik, berarti error tersebut disebabkan oleh plugin.


Cara lanjutan untuk mengecek plugin yang bermasalah dapat Anda lihat di bawah ini.


Silakan rename kembali folder plugin seperti sebelumnya yaitu menjadi plugins, kemudian buka folder tersebut.


Kemudian, silakan nonaktifkan semua plugin dengan cara rename nama foldernya menjadi nama lain.


Setelah proses rename selesai, silakan ubah kembali namanya menjadi seperti semula satu per satu, diselingi dengan pengecekan website.


Jika website Anda tidak dapat diakses setelah merename plugin, berarti yang menjadi penyebabnya adalah plugin tersebut. Silakan hapus folder plugin yang menjadi masalah, kemudian lakukan instalasi kembali.


Jika cara ini masih juga tidak berhasil, tenang saja masih ada pilihan berikutnya.


Pilihan 3: Cek Template yang Bermasalah


Jika dua langkah sebelumnya tidak menyelesaikan masalah error, kemungkinan permasalahan terletak pada template yang rusak atau tidak kompatibel dengan versi WordPress Anda.


Cara terbaik untuk mengecek apakah template benar-benar menyebabkan permasalahan ini, silakan ubah template WordPress Anda dengan template default seperti Twenty Seventeen. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini.


1. Login ke cPanel hosting Anda, kemudian pilih menu phpMyAdmin yang berada di kolom Databases.




2. Kemudian klik tabel wp_options dan klik baris template dan stylesheet.




3. Anda akan melihat nama template yang Anda gunakan saat ini. Silakan klik dua kali pada nama template tersebut dan ubah namanya menjadi twentyseventeen.


4. Cara ini akan menonaktifkan template yang digunakan dan mengubahnya menjadi template default, yaitu twentyseventeen.


5. Jika sudah, cek kembali website Anda. Apabila cara ini berhasil, berarti penyebabnya adalah template. Oleh karena itu, silakan instal ulang template Anda.


Pilihan 4: Cek Error Log WordPress


Jika permasalahan masih saja belum terselesaikan, saatnya Anda mengecek error logs WordPress. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mengaktifkannya.


1. Silakan masuk ke FTP server dan buka file wp-config.php untuk di-edit.


2. Kemudian cara value WP_DEBUG dan ubah dari false menjadi true.


define(‘WP_DEBUG’, true);

3. Setelah diubah, sialakan simpan perubahan kemudian akses website Anda. Di sana Anda akan melihat peringatan error yang memberitahukan Anda apa yang menjadi penyebab utamanya. Silakan lakukan perbaikan sesuai dengan informasi yang Anda dapatkan.


Kesimpulan


White screen pada WordPress dapat cukup mengganggu jalannya website Anda. Silakan ikuti langkah di atas untuk mengatasi permasalahan white screen pada WordPress ini. Kami harap website Anda dapat segera berjalan dengan normal kembali.


Jika memiliki pertanyaan maupun masukan mengenai artikel ini, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini.


Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, silakan klik Subscribe melalui kolom yang tersedia. Kami akan mengirimkan beragam ulasan terhangat langsung ke alamat email Anda! 😊


Tidak ada komentar:

Posting Komentar